Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, SH, Msi Resmikan Gedung Baru Puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, SH, Msi Resmikan Gedung Baru Puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur
Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis , SH, Msi menandatangani prasasti peresmian gedung baru puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur Kecamatan Panti

Pasaman - Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, Msi meresmikan gedung baru UPT Dinas Kesehatan,  Puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, Jumat (15/01/21).

Peresmian gedung baru puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur diawali dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Pasaman dan pemotongan pita oleh Ketua TP.PKK Ny. Suryani Nasution dan dilanjutkan dengan pemantauan ruangan gedung baru puskesmas.

Turut hadir dalam acara peresmian gedung baru Puskesmas Kuamang tersebut,   Ketua TP. PKK Kabupaten Pasaman Ny. Suryani Nasution, Anggota Forkopinda Pasaman, Forkopinca Kecamatan Panti,  Kepala SKPD dijajaran Pemda Pasaman, Anggota DPRD Kabupaten Pasaman daerah  pemilihan pada Dapil Panti, Camat se Kabupaten Pasaman  dan Wali Nagari se Kecamatan Panti dan petugas kesehatan  Puskemas Kuamang Panti.

Acara peresmian gedung baru  Puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur, pada masa pandemi covid 19 ini, terlihat jelas tetap ketat dan patuh melaksanakan protokol kesehatan covid 19 dengan prinsip 3 M, yaitu, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun yang disediakan dipintu area masuk puskesmas dan menjaga jarak dalam berkomunikasi pada acara untuk menghindari penyebaran covid 19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dr. Rahadian Suyanta dalam laporannya menjelaskan, bahwa latar belakang pembangunan gedung baru puskesmas ini adalah untuk mengadakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif  dalam mencapai derajad keseehatan masyarakat setinggi tingginya pada wilayah ini.

"Pembangunan gedung baru UPT Puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur ini menelan dana Rp.4, 1 Milyar lebih yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020",  ungkap Rahadian.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Panti Khairunas Dt. Rajo Malano, dalam sambutannya  menyampaikan terimakasih kepada Pemda Pasaman melalui Bupati Yusuf Lubis yang telah dapat menyediakan gedung baru pusat pelayanan kesehatan masyarakat yang cukup layak di Nagari Panti Timur yang sangat dirindukan dan  dibutuhkan masyarakat setempat selama ini, karena fasilitas kesehatan yang ada selama ini cukup jauh dari daerah ini.

Khairunas Dt. Rajo. Malano juga berharap kedepannya pemerintah dapat melengkapi sarana dan prasarana layanan pendukung puskemas yang cukup memadai dengan pelayanan prima oleh petugas kesehatan pada puskesmas Kuamang ini.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dalam sambutannya,  menyampaikan dari awal berdiri, bahwa  status  Puskesmas Kuamang sampai pada tahun 2018 adalah masih “Dasar” , hal ini disebabkan sarana dan prasarana kesehatan yang belum memenuhi standar yang ditetapkan peraturan dan perundangan-undangan kesehatan.

"Untuk mengoptimalkan standar Pusat Kesehatan Masyarakat  melalui Dinas Kesehatan, Pemda Pasaman melakukan upaya khusus dengan mengusulkan penambahan ruang untuk Puskesmas Kuamang ini melalui Anggaran Alokasi Dana Khusus  pada tahun 2020 yang lalu, sehingga penambahan gedung baru dapat terlaksana dan kita resmikan sekarang", terang Bupati Yusuf Lubis.

Bupati Yusuf Lubis,  juga menambahkan kehadiran gedung baru Puskesmas Kuamang ini akan dapat menciptakan lingkungan dan perilaku hidup sehat ditengah masyarakat dan juga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan berharap diwilayah kerja Puskesmas ini, tingkat kesehatan masyarakat dapat semakin membaik.

Ditemui disela sela acara kepada warta.co.id, Kabid Sumber Daya Kesehatan, Risno Hendra Putera, SKM mengatakan bahwa  luas bangunan gedung baru Puskemas Kuamang ini sekira 860 m2 terletak diarea seluas 2.200 m2  dan untuk pengembangan dimasa datang Puskemas ini sangat cocok menyediakan layanan rawat inap bagi masyarakat.

Risno juga berharap, semoga Puskemas ini dapat berfungsi dengan baik dalam melayani kesehatan masyarakat, yang bisa dimanfaatkan masyarakat tidak hanya datang ketika sakit saja, tapi bisa melakukan konsultasi seputar masalah kesehatan.

Pasaman
Calvin Maruli

Calvin Maruli

Previous Article

Akhiri Masa Jabatan, Bupati Pasaman Kunker...

Next Article

Hari Keempat Roadshow Kunker Bupati Pasaman...

Related Posts

Peringkat

Profle

Nanang suryana saputra

Andi Gunawan Riothallo

Andi Gunawan Riothallo

Postingan Bulan ini: 10

Postingan Tahun ini: 20

Registered: Feb 7, 2021

Agung Setiyo

Agung Setiyo

Postingan Bulan ini: 9

Postingan Tahun ini: 9

Registered: Apr 11, 2021

Rikky Fermana

Rikky Fermana

Postingan Bulan ini: 9

Postingan Tahun ini: 12

Registered: May 8, 2021

Riyan Permana Putra

Riyan Permana Putra

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 29

Registered: Feb 26, 2021

Profle

Rikky Fermana

Innalillahi, Seluruh Keluarga Besar FPII Bukittinggi - Agam Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ibunda Pimred Banua Minang
Nelayan Pangandaran Yang Hilang  Akibat Laka Laut Ditemukan TIM SAR
Ketua KNPI Barru Soroti Dampak Lingkungan PT Bomar
Ke Masjid Masih Gunakan Senter, Masyarakat Nagari Aro Kandikia di  Kabupaten Agam Butuh Perhatian Pemerintah

Follow Us

Recommended Posts

Takut Informasi Anggaran Bocor, Proyek P3ATGAI di Kambang Timur Dikerjakan Tanpa Papan Informasi, Kepala Kampung Disebut Sebagai Ketua P3A
Ke Masjid Masih Gunakan Senter, Masyarakat Nagari Aro Kandikia di  Kabupaten Agam Butuh Perhatian Pemerintah
Kapolsek Tilatang Kamang Rommy Hendra Pimpin Langsung Penyemprotan Disfektan di Gadut
Polres Bukittinggi Lakukan  Penyemprotan Untuk Antisipasi Penyebaran Covid 19
Innalillahi, Seluruh Keluarga Besar FPII Bukittinggi - Agam Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ibunda Pimred Banua Minang

Random Posts